Gambar digital

Saat ini, pemanfaatan teknologi untuk foto digital cukup banyak. ditambah lagi handphone dengan kamera yang memiliki megapixel memadai smakin membuat narsism (red: suka mmpercantik/mnampilkan diri lbi dari yg lain) berkmbang psat. Untung FPI cs tidak mmbasmi aliran narsism ini karena masih dikaji apakah sesat atau tidak.

Kembali ke topik gambar digital, mungkin hanya sbagian kita yg tau bagaimana sbnarnya sbuah objek bisa d simpan dalam bentuk digital. Karena ini bagian dari riset sy smbil sy blajar saya akan mnuliskan dari sudut pndang saya di blog ini (yang bersumber dari buku “An introduction to digital image processing with MATLAB” oleh Alasdair McAndrew).

Gambar digital yg ingin sy critakan dsini adalah raster image sbuah gmbar yg drepresentasikan dalam kumpulan pixel-pixel. Foto digital yg sring kita liat slama ini adalah jenis raster. Sedang gambar digital berjenis vector image banyak dgunakan untuk membuat font, peta cs karena zoom in pada vector image tidak akan berpengaruh pada kualitasnya. Berbeda dengan raster image yg sperti pecah2 saat kita mlakukan zoom in terlalu bsar. Foto yg dhasilkan kamera digital adalah berjenis raster, tapi ada ga ya kamera yg hasilnya vector image?

Skarang mari kita liat jeroan dari raster image. Pernah blajar matriks kan? coba lihat bagaimana gambar huruf “a” dibawah ini dperbesar kmudian di ubah ke dalam bntuk matriks.

matrix of A

Kita bisa mlihat bagaimana kumpulan pixel2 tersebut membentuk matriks mnjadi sebuah gambar. Lalu angka2 dalam matriks tersbut mewakili apa? itu adalah angka yg mewakili informasi warna dtiap pixelnya. Pada contoh d atas warna diwakili oleh 0.0 (hitam) – 1.0 (putih) dan di 0 & 1 adalah warna abu2 dengan tingkat tertentu.

Secara umum, warna bisa drepresentasikan dalam:

  • binary (1 bit): dimana terdiri hanya 2 warna hitam (0) dan putih (1)
  • grayscale (8 bit): dimana warna dwakili oleh 0 (hitam) – 255 (putih)
  • true color atau RGB (24 bit): dimana tiap pixel dwakili oleh red (0-255), green (0-255), dan blue (0-255), masing2 membutuhkan 8 bit.

Krna masi blajar tntang image processing, sy catet dikit2 apa yg sy baca d blog ini. Ntar dlanjutkan lagi blajarnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: